Home » Daerah » Pemerintah Berencana Membangun Bandara di Gunung Kidul

Pemerintah Berencana Membangun Bandara di Gunung Kidul

KartuFlush.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengemukakan kalau pemerintah juga akan selekasnya membuat bandara perintis di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, hingga dapat mempermudah akses wisatawan sebagai favorit.

” Jadi saat ini bandara (lapangan terbang Gading, Kecamatan Playen) masih tetap dikelola oleh Angkatan Udara, kita juga akan sowan (bertandang) ke KSAU (kepala staf TNI Angkatan Udara), ” kata Budi didapati di Bangsal Sewoko Projo, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta, Sabtu (12/8/2017).

Dia menyebutkan, bila KSAU sepakat, jadi pemerintah selekasnya membuat infrastruktur pendukung.

” Jika KSAU sepakat pembangunan juga akan dikerjakan mulai 2018 paling lambat 2019 usai, ” tambah dia.

Budi menilainya, pembangunan bandara perintis ini nanti juga akan dipakai untuk mensupport pariwisata. Dengan panjang landasan minimum 1. 600 mtr., jadi dapat dipakai untuk pesawat ATR serta jet pribadi.

” Ini jadi strategis karna Gunungkidul berencana pariwisata industri favorit, konektivitas udara ini begitu perlu, jadi jet pribadi dapat datang kesini, serta (pesawat) ATR dari beragam daerah, ” ucapnya.

Menyikapi hal tersebut, Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi menyongsong baik wacana itu. Pemerintah daerah juga siap mensupport kebijakan itu.

” Bandara Gading dapat dipakai tidaklah terlalu masal, barusan Pak Menteri (Budi Karya) menyebutkan termasuk juga (penerbangan) dari Australia ini juga akan memberi dampak mengagumkan dari wisman, efeknya telah kita pertimbangkan, ” tuturnya.

Keinginannya, bila wisatawan mancanegara gampang terhubung, jadi dapat makin tingkatkan kunjungan ke tujuan wisata, mulai pantai sampai goa.

Politisi PAN ini menyebutkan, terkecuali pemda, orang-orang harus juga menyiapkan bila bandara itu terwujud. Satu diantaranya transportasi dari bandara menuju object wisata.

” Ini kesempatan untuk orang-orang, serta hingga sekarang ini belum juga di tangkap pegiat pariwisata. Saya mengharapkan hal semacam ini dapat ditangani, juga akan membawa efek perekonomian untuk orang-orang, ” katanya.

Perlu untuk diketahui, wacana merubah lapangan terbang Gading telah di sampaikan menteri perhubungan akhir 2016 kemarin. Tetapi belakangan ini pemerintah Kabupaten Gunungkidul pernah menyerah serta lebih pilih mengoptimalkan Jalur Jalan lintas Selatan (JJLS).

” Kami berterima kasih serta mengharapkan (bandara) selekasnya terwujud, walau pernah ada wacana tidak jadi. Bila Pak Menteri sesuai sama itu ya kita lanjutkan, ” pungkas Immawan.

Bila bandara Gading terwujud, jadi pemerintah Propinsi DIY juga akan mempunyai 3 bandara, yaitu NYIA di Kulon Progo, Adi Sutjipto di Sleman, serta Bandara Gading di Gunungkidul.

Sumber : Kompas.com

Author: Admin
Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *