Home » Motor » Keisitimewaan CBR1000RR

Keisitimewaan CBR1000RR

KartuFlush.com – Minimum serta dinamis, dua kata yang paling melukiskan design dari Honda CBR1000RR Fireblade. Berikut gerbang untuk menuju beragam daya tarik beda yang disuguhi sepeda motor dengan harga teratas yang nyaris menjangkau Rp 700 juta itu.

Dari bagian design, Honda menginginkan membuat pembagian kompak yang padat dan fairing sisi atas serta tengah yang dikurangi ukurannya. Garis ciri-khas menjorok ke depan melambangkan gaya agresif dan konsentrasi pada peranan mekanis, detil, serta kwalitas waktu finishing.

Design juga diklaim aerodinamis, melindungi stabilitas berkendara waktu kecepatan tinggi. Pada pemakaian di circuit, tempat pengendara terproteksi dari arus angin, sesaat tempat berkendara normal, desakan udara terdistribusi rata di bagian badan pengendara.

Keseluruhnya pencahayaan memakai LED dengan design lampu depan kembar. Penampilan display CBR1000RR Fireblade mengambil monitor TFT full-colour liquid crystal, persis punya RC213V-S. Monitor ini automatis sesuaikan keadaan sinar dengan tiga model feature ; Street, Sirkuit, serta Mechanic.

Elektronik

System ABS baru sangat mungkin hard braking dengan tetaplah melindungi ban belakang menapak, hentikan peluang sisi motor terangkat ke depan.

Model riding 1 (FAST) memberi tenaga maksimum, dengan tanggapan throttle linear, Honda Selectable Torque Control (HSTC) serta intervensi Engine Brake (EB) yang rendah, dan gaya redam tinggi.

Model 2 (FUN) mengontrol output dari gigi satu sampai gigi tiga, dengan penambahan tenaga tengah, HSTC medium, EB bertenaga, serta gaya redam medium.

Sesaat model 3 (SAFE) mengontrol output dari gigi satu sampai gigi empat, penambahan tenaga yang tengah, HSTC tinggi, EB yang bertenaga serta gaya redam rendah.

Sasis

Handling CBR1000RR sekarang ini sudah bertransformasi. Hal semacam ini karena bobot motor yang menyusut jadi 196 kg dengan tenaga sebesar 8 kW. Subframe die-cast alumunium juga sudah di desain ulang, walau konstruksinya lebih ramping namun mempunyai tingkat kekerasan yang sama.

Hal semacam ini berperan pada pemusatan massa, hingga handling merasa lebih alami serta gesit. Jenis ini mempunyai panjang wheelbase 1405 mm serta tinggi tempat duduk 832 mm untuk varian standard, 834 mm untuk varian SP.

Suspensi depan Showa BPF inverted teleskopik 43mm, di belakang Showa Balance Free Rear Cushion (BFRC) yang bisa ditata dengan penuh. Kaliper rem depan Tokico 4-piston, sesaat type SP memakai Brembo 4-piston monoblok. Pelek bahan alumunium, ukuran ban depan 120/70 R17 serta belakang 190/50 R17.

Fireblade juga mempunyai Power Selector yang bisa dibuka lewat Riding Model Select Sistem (RMSS). System ini tawarkan lima level ciri-khas output.

System kontrol elektronik paling baru dari Honda CBR1000RR Fireblade SP meyakinkan pengendara memperoleh dukungan konstan, dengan beragam pilihan serta penyusunan.

Tenaga puncak ada pada 141 kW @13. 000 rpm, dengan torsi puncak 116 Nm @11. 000 rpm. Knalpot yang dipakai adalah titanium irregular cross-section yang 2, 8 kg lebih enteng serta meminimalisir perubahan pusat gravitasi.

Honda CBR1000RR Fireblade SP

TypeSP jadi motor pertama yang memakai suspensi depan serta belakang dari Öhlins S-EC : NIX30 selama 43mm di bagian depan serta suspensi belakang TTX36.

Suspension Control Unit (SCU) menyatukan info berkaitan kecepatan roda, rpm mesin, input pengereman dan pojok throttle dari FI-ECU dan memberi kompresi maksimal serta gaya peredam sepanjang berkendara normal, akselerasi keras, pengereman serta cornering, bergantung pada model suspensi yang diambil oleh pengendara.

Quickshifter disematkan jadi standard untuk menaikan gigi tanpa ada butuh menghimpit kopling. Assist Slipper Clutch betul-betul dirubah dengan plat single die-cast pressure serta clutch center, serta tawarkan pengurangan beban pada tuas.

Jenis ini memakai aki Lithium-Ion yang lebih enteng serta memberi arus listrik yang lebih berkelanjutan serta aman.

Sumber : kompas.com

Author: Admin
Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *